Friday, October 28, 2016

Mesin galau di saat hujan mungkin ini penyebabnya

Hari hujan seperti saat ngetik ini mengingatkanku saat saat si Tigor suka galau pas hujan. Pernah ada masanya abis hujan deras dia gak mau di starter, ternyata problem di filter udara nya. Abis ganti merek TDR bisa di starter tapi kalau riding di tengah hujan tetap langsam berkurang. Bahkan pas sudah pakai box filter pun masih ada gejala demikian walau lebih mending daripada pakai filter model cone.

Nah ditambah ditemukan ada sedikit rembesan oli di blok mesin si tigor dan oleh seorang mekanik divonis harus turun mesin ganti paking dan berhubung suara mesin agak berisik disuruh sekalian ganti noken as dan pelatuk nya. Tambah galau dan pusing. Awalnya gak mau perbaiki dulu nunggu lebih parah, nah sempat googling nemu artikel yang bilang kalau paking head bocor juga berefek ke langsam kadang-kadang turun. Akhirnya membulatkan tekad datang ke AHASS Piramida Motor yang di Roxy Mas. Dilihat sekilas sih vonis nya sama, ya sudah masuk ke bengkel deh opname seminggu.



Gak lama sesampainya kantor (naik si Kupi), eh bengkel nelpon bilang "mas, dah dibongkar, yang bocor bukan paking nya tapi seal klep, tapi stok kita kosong, besok baru ada barangnya", sip dah gak jadi keluar uang jutaan. "tapi mas, berisik nya gimana ?" kata mekanik nya "nanti kita cek, kayaknya sih tensioner nya lemah". Waduh , itu tensioner mahal, baru ganti sebulan lalu di sebuah bengkel resmi di seberang kantor. Ya sudahlah, kalau memang bermasalah mending diganti. Singkat cerita seal nya diganti tapi tensioner nya dibiarkan dulu karena mereka nggak punya stok...

Kebetulan saya di grup HTML (Honda Tiger Mailing List) ada yang share jualan spare part ori HGP, YGP dan SGP namanya Crom Motor. Dia terkenal di kaskus spesialis menyediakan spare part ori, saya kontak lah dia. Eh ternyata ngobrol ngobrol, beliau pernah kerja jadi staf QC AHM, dan kondisi langsam suka gak stabil itu juga bisa disebabkan karena o-ring klep bocor atau setelan klep nya nih gak bener. Ya sudah berarti ada kemungkinan dah betul, saya rasakan dulu, kalau masih gak beres ya order o-ring ke beliau karena buat setel klep kudu buka tutup nya khan dan kalau tutup dibuka, o-ring wajib ganti atau resiko oli rembes...
Nota jasa bengkel

Nota suku cadang

Berapa biayanya ?
Servis besar 100.000
Ongkos ganti gasket 19.800
O-ring 35x3 2.000
O-ring 75x2.5 2.500
Oli MPX3 35.000 (Lupa nanya oli dikeluarkan nggak pas proses pasang dan cek, prefer ganti daripada oli kotor masuk lagi)

Lewat seminggu baru ganti tensioner (500.000) dan ongkos pasang (30.000)

O-Ring dah diganti, tensioner dah diganti, sekarang langsam si tigor stabil... suara juga nggak berisik, dia dah sehat walafiat, cuma setelah pakai box filter kok tarikannya berkurang jauh... artikel berikutnya soal review filter Ferrox ya, stay tuned

No comments:

Post a Comment