Wednesday, October 12, 2016

Servis pertama si Tigor

Sehari pun berlalu, si Tigor bahagia sejahtera di rumahnya yang baru. Pagi - pagi dipanaskan dan dibawa jalan ke Indomaret buat beli keperluan sehari - hari, tengah jalan ada berasa aneh sedikit: Gas kecil lewat polisi tidur kok ngempos kayak hilang tenaga. Ya sudah nanti kita rasakan lagi. Saya pun santai di rumah bersiap buat pergi beli sarapan di luar, sebelum berangkat kok ada sriwing - sriwing bau oli ya, wah kacau nih motor kok rada bau. Ya sudah nanti sepulang sarapan deh.

Sepulang sarapan, masuk rumah aduh serumah bau oli, sampai kepala pusing. Oke deh berarti kudu bawa ke bengkel, saya pilih sebuah bengkel resmi di kisaran Jembatan Tiga, yang kemarin berhasil beresin penyakit tahunan MegaPro saya. Sesampainya saya langsung di Tigor dicek sebentar oleh mekanik dan langsung dibawa ke ICU dengan peintah mekanik "rantai keteng, tonjokan tensioner, paking magnit ..." langsung si Tigor dioperasi


Pada saat itu saya masih yakin si Tigor ada di tangan yang tepat, tidak lama si mekanik panggil lalu nunjukin manipol si Tigor "mas, kalau ada uang lebih ini mending diganti, ini harusnya ada pipanya keluar dan dihubungkan ke selang ini buat napas, kalo kayak gini bensin nya suka banjir ke ruang bakar nanti bisa berkerak", ya sudah berhubung sudah niat mau bikin si Tigor sehat total saya setujui, suruh langsung ambil. Total sekitar 1.500.000 untuk rantai keteng, manipol, tonjokan keteng, paking magnit dan 1 paking lagi yang saya lupa namanya. (belakangan saya dikasihtahu oleh bengkel resmi yang di Roxy, itu KW semua sampai ke paking paking nya)

Dan mulailah perjalanan pulang... sudah selesai ? tidak, masalah yang lebih besar timbul! Si Tigor di gas gak mau turun, cepat naik ke 7000 tapi lama sekali turunnya. Kembali lah saya ke bengkel, nunggu sejam karena ada yang lain yang dah ngantri, dan akhirnya saya harus pulang naik busway karena si Togor diwajibkan rawat inap. Sampai hari Selasa masih belum betul juga, dah diisolasi masalahnya di karburator, tapi kok si mekanik ngulang lagi buka tutup blok magnit dan rantai keteng dilepas pasang terus. Duh ni mekanik kayaknya logika nya gak nyampe nih. Ya sudah dimaklumi aja, mungkin dia tipe yang belajar dari pengalaman. Hari Rabu saya bawa karburator dapat beli lewat toko online, ternyata masalahnya sama, akhirnya si mekanik beli karburator seken 1 lagi buat diambil sparepart nya dan dipasang ke karbu 1 nya. Masalah selesai, si Tigor terlihat sehat, lho kok mekanik 1 nya nunjuk nunjuk ke bawah si Tigor? Eh si Tigor ngompol! Bensinnya bocor, nasib nasib. Dicoba dibelikan pelampung, sama saja masih bocor. Kata si mekanik "mas, biarin aja, ntar kalau dah lama ntar baik sendiri, itu pelampung nya baru belum biasa aja". Ya udah manut aja, lha abis libur lebaran kok masih ngompol...

Saya bawa ke bengkel biasa sambil bawa repairkit, kali bisa dibetulin, si mekanik nya bilang jarum pelampung nya bagusan bawaan daripada repair kit, saluran bensin dah dibersihkan, pelampung juga bagus, jadi cuma baut pembuangan yang diganti, gak efek. Ya sudah nanti saya ganti karburator saja daripada pusing terus. Nanti lanjut ke artikel berikutnya soal ganti karburator.

No comments:

Post a Comment