Monday, October 17, 2016

Turun mesin berapa ongkosnya ?

Halo teman - teman, 1 bulan setelah servis pertama si Tigor, istri saya bilang "suara Tiger mu dah kayak suara Megapro sebelum dipakai adikmu"... jeder... maksudnya ? sebelum ganti rantai keteng dibandingkan dengan sesudah nih ? eh ternyata betul, mesin agak berisik. Ya sudah biarin aja, mungkin efek ganti ke oli yang lebih encer. Lha suatu hari kok didengerin ada suara kayak mesin jahit ya. Sampai kantor langsung googling deh, aduh macam - macam kemungkinannya. Tambah kuatir aja. Oke kita coba mampir ke bengkel resmi depan kantor...

Sesampainya sana, mas Joko nya lagi makan siang, oke deh tungguin. Nah datang tuh "mas dah lama gak servis ya?" lha bukan mo servis ni mas, saya minta dia dengerin suara motor nya, langsung divonis noken as dan pelatuk kudu ganti 1 set, biaya nya tanya ke ibu. Si ibu ini owner nya, duh gak niat aku datang ke sini. Bilang aja gak ada duitnya... tapi selewat seminggu kudatangi lagi buat nanya estimasi biayanya buat perbandingan dengan bengkel lain


Begini rinciannya:
Jasa overhaul 275
Packing fullset 250
Noken As Ori 300
Pelatuk Ori 500 KW 300
Klep 350
Skir Klep 150

Kalau dilihat ring piston atau piston nya dah jelek sekalian diganti, biayanya:
Piston + Ring 590
Boring dan baut 350 (kalau mau tetap OS 0, kalau naik OS nya kudu korter biaya 125)

Nah di sini ketahuan biaya tetap nya 275 + 250 buat turun mesin (525), kalau motor ngebul nambah Ring dan Piston trus mending ganti boring biar gak usah jetting ulang karbu (590+350=940). Jadi kalau masalahnya cuma ngebul (940+525=1465) tapi kenyataannya bengkel resmi pasti perhatikan semuanya termasuk kondisi noken as dan pelatuk, biasa suka disuruh ganti kanvas kopling dan rantai keteng berikut tonjokannya juga. Kasus saya divonis ganti noken as dan pelatuk saja jadi 525+500+300=1325. Waktunya cari 2nd opinion deh... (dan ternyata betul, di AHASS lain dicek cuma tonjokan tensioner dan o-ring seal klep yang kudu ganti, nanti di artikel selanjutnya ya)

No comments:

Post a Comment