Sunday, April 30, 2017

Cara menghitung dosis fuel system cleaner

Sore teman - teman, berikut saya akan membahas cara menghitung dosis fuel system cleaner. Ada 2 cara penggunaan fuel system cleaner:

  1. Dengan menuang langsung dalam jumlah besar (shock doze)
  2. Dengan menuang dalam jumlah sedikit namun rutin
Ada beberapa kelebihan dan keuntungan dari masing - masing metode, shock doze dipakai untuk motor yang penggunanya malas servis (sudah lama nggak diservis, biasa ada masalah dengan langsam, antara klep nya kotor atau ruang bakar kotor atau karburator kotor dan sulit dibersihkan). Atau diberikan dalam dosis reguler di mana dosis pembersihan 2x dosis servis ringan (dari salah 1 pembahasan di forum yang saya masih cari kembali link nya)

Kita mulai dengan shock doze, untuk sepeda motor cukup 4 fl oz atau 118 ml untuk 1 tangki motor sport (diasumsikan ukuran 13-15 liter). Untuk mobil 1 botol untuk 1 tangki.

Maintenance doze, atau dosis reguler setara servis ringan. Kita lihat gambar di atas direkomendasikan 1 botol bisa untuk 100 gallon atau 378 liter, 378 liter saya bagi dengan 443 ml saya dapatkan 1.17 ml saya bulatkan ke 1.25 ml karena saya pakai sendok takar obat (5 ml 1 sendok). Dengan kata lain setiap isi bensin, untuk setiap liter yang saya isikan saya masukan 1/4 sendok takar ke tangki sebagai pengganti servis ringan. Itu juga berarti untuk keperluan pembersihan ruang bakar secara perlahan, saya masukan 2.5 ml untuk setiap liter bensin yang saya isikan ke tangki.

Dalam kondisi nyatanya begini, tangki saya custom ukuran 16 liter, sekali isi bensin 12 liter lebih sedikit (Shell Super 100 ribu), Jadi saya masukan 6 sendok takar ke tangki bensin (2.5 ml itu setengah sendok takar, 12 saya kali setengah dapat 6). Itu berjalan selama 2000 km, sekarang langsam si tigor sudah baik, ada sedikit lambat turun di RPM 1800 ke 1600 kalau mesin panas tapi ada kemungkinan itu faktor jarum skep PE 28 yang terlalu kurus. Sekarang si Tigor sudah beralih ke dosis servis ringan yaitu 3 sendok takar setiap isi bensin.

Demikian cara menghitung dosis fuel system cleaner, semoga membantu.

No comments:

Post a Comment